Selasa, 28 September 2010

WIMAX DAN BLACKBERRY


MAKALAH TIK

“TEKNOLOGI WIMAX DAN BLACKBERRY”




OLEH              :
XII IPA 3
Dita Innata                    (10)
Faruq Heldian               (13)






DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 5 MALANG
Jalan Tanimbar 24 - Malang

 
KATA PENGANTAR

Seraya memuji dan bersyukur kepada Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan sebaik-baiknya, walaupun sebenarnya masih ada beberapa kekurangan. Makalah yang membahas tentang tekhnologi “Wimax dan Blackberry" untuk memenuhi tugas TIK. Karya tulis ini dapat terselesaikan berkat usaha dan bantuan dari berbagai pihak terkait.
Oleh sebab itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih  kepada:
1.    Bapak Zahid H. selaku Guru Bidang Studi TIK
2.    Orang tua dan rekan – rekan yang telah banyak membantu

Penulis ­menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis juga menantikan saran dan kritik dari para pembaca yang dapat membangun makalah  ini menjadi lebih baik lagi demi memperbaiki kesalahan yang terjadi pada karya tulis ini.










                              Malang, Agustus 2010


                            Penulis
BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Pengembangan teknologi dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan Kita selalu  dikejutkan dengan munculnya teknologi baru, yang semakin hari semakin ingin berlomba-lomba untuk melahirkan teknologi yang mutakhir, efisien dan multi-guna. Saat ini kebutuhan akan dunia telekomunikasi dan pertukaran data juga semakin meningkat.
Selama ini teknologi selalu menggunakan media kabel sebagai jembatan untuk menghubungkan
device-device tersebut, namun kita tahu dengan kabel berarti mengurangi sifat mobiles dan
flesibelitas, dan tidak efisien. Makanya saat ini pada vendor menyediakan device-device dari
PDA sampai ponsel dengan menyediakan interkoneksi wireless, seperti InfraRed, IRDA, Bluetooth, dll dengan memindahkan data tanpa harus mengggunakan media kabel.
   
Teknologi Ponsel yang saat ini sedang hangat dibicarakan adalah Blackberry.  Blackberry merupakan salah satu ponsel yang menyediakan beberapa fasilitas yang menarik, oleh karena itu kami ingin membahas beberapa kelebihan dan kekurangan Blackberry. Selain itu di dalam makalah ini kami juga akan membahas apakah Blackberry perlu dihilangkan di Indonesia?
   
Dalam dunia Telekomunikasi nirkabel wimax juga merupakan salah satu teknologi yang menawarkan berbagai fasilitas yang menarik. Wimax lebih marak di perbincangkan  dengan alasan instalasi mudah, cepat dan tidak mengganggu keindahan karena tidak menggunakan kabel berseliweran dan perangkat access point dapat disembunyikan. Oleh karena itu di dalam makalah ini kita juga akan membicarakan teknologi wimax.
    Hal – hal itulah yang melatarbelakangi penulisan Karya Ilmiah kami yang berjudul: Perkembangan Teknologi Wimax dan Blackberry

1.2    Rumusan Masalah
Dari topik yang diangkat penulis tersebut, maka penulis menggunakan suatu rumusan masalah agar dapat membantu mengembangkan dan membatasi isi dalam karya tulis ini. Rumusan masalah tersebut antara lain adalah, sebagai berikut:
1.    Apakah pengertian wimax?
2.    Apa sajakah kelebihan dari wimax?
3.    Apa sajakah kerugian dari wimax?
4.    Apakah yang disebut dengan blackberry?
5.    Apa sajakah kelebihan dari blackberry?
6.    Apa sajakah kerugian dari blackberry?
7.    Apakah perkembangan  blackbery perlu dihilangkan di Indonesia?

1.3    Pembatasan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah yang diangkat penulis tersebut, maka penulis akan membahas beberapa hal yang berhubungan erat dengan topik yang akan dibahas dalam karya tulis ini. Pembatasan masalah yang membatasi ruang lingkup karya tulis tersebut antara lain adalah , sebagai berikut:
1.    Kelebihan dan kerugian wimax.
2.    Kelebihan dan kerugian blackberry.

1.4    Tujuan
Tujuan dibuatnya karya tulis ini antara lain adalah, sebagai berikut:
1.    Mengetahui pengertian wimax.
2.    Mengetahui  kelebihan dari wimax.
3.    Mengetahui  kerugian dari wimax.
4.    Mengetahui  pengertian blackberry.
5.    Mengetahui  kelebihan dari blackberry.
6.    Mengetahui kerugian dari blackberry.
7.    Mengetahui perkembangan  blackbery di Indonesia.

1.5      Manfaat
Manfaat yang diharapkan penulis dari karya tulis ini adalah, sebagai berikut: Manfat karya tulis ini untuk penulis antara lain adalah penulis lebih memahami dan mengerti tentang perkembangan teknologi wimax dan blackberry.
Manfaat bagi pembaca adalah untuk dijadikan literatur bagi pembaca jika ingin mencari tentang perkembangan teknologi wimax dan blackberry.

1.7    Sistematika
Bab I Pendahuluan
1.1    Latar belakang
1.2    Rumusan masalah
1.3    Pembatasan masalah
1.4    Tujuan
1.5    Manfaat
1.6    Sistematika
Bab II Kajian Teori
Bab III Metodologi dan Analisis Data
Bab IV Pembahasan
Bab V Penutup   
 5.1 Saran
5.2 Simpulan
    Daftar Rujukan
    Lampiran

BAB II
KAJIAN TEORI

            Kajian teori ini berfungsi untuk memperoleh kerangka teori tentang latar diadakannya suatu peneliatian petunjuk penting untuk melakukan analisis terhadap data yang telah diperoleh.

2.1                 Pengertian Wireless
Wireless adalah teknologi pada sistem jaringan computer yang sangat praktis dan flexible untuk menghubungkan antar computer secara local maupun terkoneksi dengan internet.Selain itu penggunaan teknologi ini akan memberikan kemudahan kepada setiap pengguna computer tanpa harus memakai kabel untuk terhubung dengan LAN maupun internet selama area tersbut masih dalam jangakauan frekuensi.
.[http://id.wikipedia.org/wiki/wireless/20 december 2008]
           
Wireless Fidelity, teknologi ini pada awalnya untuk menghilangkan keruwetan kabel dalam
membangun sebuah jaringan computer, Wi-Fi bekerja pada frekuensi sama dengan Bluetooth
yaitu pada 2,4 Ghz, namun bedanya Bluetooth menggunakan spread spectrum frequency
hopping (SSFH), sedangkan Wi-Fi menggunakan direct sequence spread spectrum (DSSS),
Intinya spread pada Wi-Fi akan lebih stabil dan tentunya lebih cepat dibandingkan dengan
Bluetooth . Wi-Fi memiliki kelemahan yang sangat mengangu seperti masalah keamanan yang
dapat di bajak ditengan jalan, dan rentan terhadap konflik dengan perangkat lain dalam waktu
yang bersamaan. Wi-Fi, dikenal dengan standar IEEE 802.11b, mulai luas dioperasikan dan
beberapa operator di Amerika Serikat mengope-rasikannya secara hot spot di berbagai lokasi
seperti Bandar udara, kampus, hotel, coffee shop dll. Wi-Fi sendiri masih mengandung beberapa kelemahan .

Deris Stiawan, S.Kom.,M.T.
    Talk Show Computer Easy di Radio SONORA FM

2.2. Pengertian Wimax
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan standar interoperabilitas implementasi dari jaringan wireless IEEE 802.16.WIMAX juga merupakan  teknologi akses nirkabel pita lebar (BWA  (broadband wireless access)) memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan luas,Wimax adalah evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping mampu memberikan kecepatan data yang tinggi, WiMAX juga  tergolong teknologi dengan open standar.WIMAX  dapat mentransmisikan data 70 Mbps, dengan jarak 70 mil, pada kecepetan lebih dari 70 mph. WiMAX layak diaplikasikan untuk ‘last mile’ broadband connections, backhaul, dan high speed enterprise.
[http://id.wikipedia.org/wiki/WImax/20 december 2008]
Orthogonal frequency-division multiplexing (OFDM)
Orthogonal frequency-division multiplexing (OFDM) adalah tekhnik transmisi yang menggunakan beberapa buah frekuensi yang saling tegak lurus orthogonal.OFDM telah dipatenkan di Amerika sejak tahun 1970-an.Pengaplikasian teknologi OFDM terdapat pada komunikasi wireless.
OFDM juga merupakan teknik modululasi multicarrier dimana antar subcarriernya satu dengan yang lain saling orthogonal. Karna sifat orthogonal ini maka antar subcarrier yang berdekatan bisa dibuat overlapping tanpa menimbulkan efek intercarrier interference (ICI). Hal ini akan membuat sistem OFDM spektrum yang lebih tinggi.
.[http://id.wikipedia.org/wiki/OFDM/20 december 2008]
Orthogonal frequency-division multiplexing Acces (OFDMA)
OFDMA adalah teknologi yang berbasis frekuensi division multiplexing atau OFDM yang telah lama digunakan pada ADSL dan beberapa sistem transmisi digital berkecepatan tinggi yang lain.
.[http://id.wikipedia.org/wiki/OFDMA/20 december 2008]
BWA (Broadband Wireless Access)
BWA (Broadband Wireless Access) merupakan teknologi akses yang dapat menawarkan akses data/internet berkecepatan tinggi dan berkemampuan menyediakan layanan kapan dan dimanapun (anytime anywhere) dengan menggunakan media nirkabel.
.[http://id.wikipedia.org/wiki/BWA/20 december 2008]

Time Division Duplex atau TDD
TDD adalah aplikasi dari time – division multiplexing untuk memisahkan signal yang keluar dan signal yang kembali. metode ini mampu mengemulasikan komunikasi full duplex (dua arah secara bersamaan, contoh : telepon rumah) melalui sebuah sambungan komunikasi half duplex (dua arah secara bergantian, contoh : walkie talkie).
TDD lebih unggul jika kecepatan data uplink dan downlink tidak konstan, dengan kata lain TDD lebih efisien dalam menanggulangi muatan/kecepatan data yang berubah - rubah.
.[http://id.wikipedia.org/wiki/TDD/20 december 2008]
                  DSL (Digital Subscriber Line)
DSL adalah satu set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat.
.[http://id.wikipedia.org/wiki/DSL/20 december 2008]
QoS
Qos adalah teknologi yang memungkinkan adminstrasi jaringan dapat menangani berbagai efek akibat terjadinya konejesti pada lalu lintas aliran paket dari berbagai layanan.yang bertujuan menyediakan kualiatas layanan yang berbeda-beda untuk berbagai kebutuhan  akan layanan di dalam jaringan IP.[http://id.wikipedia.org/wiki/QoS/20 december 2008]


BAB III
PEMBAHASAN
3.1. Wimax
Dengan menggunakan WiMAX kita bisa berinternet ria seperti kita sedang menggunakan ponsel. Di mana saja di setiap sudut kota, kapan saja, asalkan ada sinyal kita bisa berinternet (everytime,everywhere).  Tapi , Banyak yang belum tahu apa itu sebenarnya WiMAX. Nama resmi WiMAX sendiri sebetulnya WirelessMAN.
WiMAX sebenarnya bukan sebuah teknologi, tapi lebih kepada sebuah bentuk penyesuaian atau tanda persetujuan dan tes interoperability sebagai anggota dari standar IEEE 802.16. IEEE 802.16 merupakan sebuah badan kerja yang menetapkan standar teknologi Broadband Wireless Access.Agar dapat diterapkan dan aman bagi lingkungan.
WiMAX menerapkan sistem algorithma penjadwalan pada MAC-nya. Sistem ini mampu menjaga konsistensi hubungan dengan terminal selama dibutuhkan.
Pada awalnya standar WiMAX berada pada rentang frekuensi 10 sampai 66 GHz. (802.16a), tapi terus diperbaharui.
1.      Tahun 2004 menjadi 802.16-2004 dikenal juga dengan 802.16d yang memiliki rentang frekuensi 2 sampai 11 GHz. Spesifikasi ini dikenal juga dengan nama fixed WiMax.
2.       Tahun 2005 diperbaharui lagi menjadi 802.16e dikenal dengan mobile WiMax dan menggunakan orthogonal frequency-division multiplexing (OFDM) yang digunakan untuk mendukung mobilitas (Handover, roaming) pada system selular sampai 120 km/jam dan bekerja dalam NLOS. Digunakan untuk aplikasi mobile access.

Penggunaan OFDM yang baru ini memberikan keuntungan dalam hal cakupan, instalasi, konsumsi daya, penggunaan frekuensi dan efisiensi pita frekuensi. WiMax yang menggunakan standar 802.16e memiliki kemampuan hand over atau hand off, sebagaimana layaknya pada komunikasi selular.
Banyak sekali manfaat yang dibawa oleh WiMAX bagi kita, khususnya dalam dunia telekomunikasi. Hal ini semakin kuat setelah pengelolaan teknologi WiMAX dipegang oleh operator seluler, mengingat standar 802.16e dapat diterapkan pada perangkat bergerak seperti Handphone dan memiliki jangkauan yang luas.

Jangkauan maksimal WiMAX mencapai 50 km dan mampu mengantarkan data dengan transfer rate tinggi meski dalam jarak yang jauh. Teknologi WiMAX dapat melayani para pengguna, baik yang berada dalam posisi Line Of Sight (posisi perangkat-perangkat yang ingin berkomunikasi saling berdekatan dan bebas dari penghalang apa pun) dengan BTS maupun saat posisi parangkat lain saling berjauhan. Jadi di mana pun para penggunanya berada, selama masih masuk dalam area coverage sebuah BTS, mereka masih dapat menikmati koneksi.
Dengan range frekuensi yang cukup lebar, teknologi WiMAX dapat melayani pengguna perangkat bergerak (mobile) maupun fixed (tetap). Tak masalah meski kita berpindah-pindah tempat atau berada dalam sebuah bangunan. Selain itu, dukungan sistem MAC-nya memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi berupa video dan suara.
Dengan kefleksibilitasan WIMAX maka dari itu diaplikasikan menjadi Last mile broadband connections  karena  langsung berhubungan dengan pengguna atau end user, tidak itu saja WIMAX juga di aplikasikan sebagai backhaul yaitu bandwith tinggi dan yang terakhir high speed enterprise merupakan kecepatan mentransmisikan data.
WImax berperan sebagai:
·        Menghubungkan hotspot-hotspot Wi-Fi antar satu dengan yang lain, dan menghubungkannya dengan bagian (jaringan) lain dari Internet.
·        Menyediakan alternatif jaringan wireless selain kabel dan DSL untuk akses broadband jarak jauh
·        Pengganti kabel coaxial pada line telepon diperusahaan maupun personal.
·        Pengganti kabel dalam menangkap siaran televisi melalui satelit ataupun dalam terrestrial.
·        Mendukung layanan mobile data berkecepatan tinggi dan layanan telekomunikasi

Figure 1: cisco.net
kesuksesan WiMAX sangat bergantung pada ketersediaan dan kesesuaian spektrum frekuensi karena pada umunya wimax dikenal berbasis pada frekuensi.
Jenis Frekuensi pada WImax terbagi dua:
1.      Licensed Band
Frekuensi Wimax yang membutuhkan lisensi atau otoritas dari regulator, dalam artian operator yang mempunyai hak lisensi diberikan hak eklusif untuk menyelenggarakan layanan dalam coverage area.
Merupakan frekuensi pa
2.      Unlicensed Band
Frekuensi Wimax yang tidak membutuhkan lisensi dalam penggunaan,dalam artian setiap orang dapat menggunakan frekuensi secara bebas di semua coverage area.

WiMAX ditetapkan 2 band:
1.      frekuensi utama pada profil sertifikasi
untuk Fixed WiMAX (band 3.5 GHz dan 5.8 GHz).
2.       Mobile WiMAX ditetapkan 4 band frekuensi pada sistem profil
Yaitu band 2.3 GHz, 2.5 GHz, 3.3 GHz dan 3.5 GH.
Secara umum frekuensi Wimax untuk memayoritaskan  Fixed Wimax dengan frekuensi 3,5 GHZz sedangkan untuk mobile WImax 2,5GHz.
Fixed WiMAX
WiMAX dirancang untuk dapat memberikan layanan Point to Multipoint (PMP) maupun Point to Point (PTP). Dengan kemampuan pengiriman data hingga 10 Mbps/user.
Figure 2 cisco.net


WiMAX
Pada mobile WiMAX terdapat pada konfigurasi sistem yang jauh lebih sederhana serta kemampuan pengiriman data yang lebih tinggi. Sehingga  mudah diselenggarakan oleh operator baru atau pun service provider skala kecil.

 
Perangkat WiMAX
·        BS di sisi pusat
Merupakan perangkat transceiver (penerima dan pengiriman) yang biasanya dipasang satu lokasi dengan jaringan Internet Protocol (IP).
·        CPE di sisi pelanggan
CPE sering disebut juga sebagai SS(subscriber station)
            Masih terdapat perangkat tambahan yaitu antena, kabel dan lainnya. 


3.2. Kelebihan WiMax:
·        Akses secepat broadband
·        Pembangunan infrastrukturnya jauh lebih cepat dan lebih murah ketimbang akses broadband
·        Area jangkauannya lebih luas ketimbang  akses broadband lainnya dikarenkan WiMAX dapat mengisi celah broadband yang selama ini tidak terjangkau oleh teknologi Cable dan DSL (Digital Subscriber Line).
·         WiMAX akan menjadi pelengkap sekaligus sebagai penantang baru terutama terhadap teknologi wireless sekarang
·         Terget pasar baru bagi perusahaan yang menggeluti bidang nirkabel
·         Para produsen mikrolektronik akan mendapatkan lahan baru untuk dikerjakan
·         Pengguna akhir akan mendapatkan banyak pilihan dalam berinternet.
·         WiMAX merupakan salah satu teknologi yang dapat memudahkan kita untuk koneksi dengan internet secara mudah dan berkualitas
·        Memiliki banyak fitur yang selama ini belum ada pada teknologi WiFi dengan standar IEEE 802.11
·        Dari segi coverage-nya saja yang mencapai 50 kilometer maksimal, WiMAX sudah memberikan kontribusi yang sangat besar

3.3. Kekurangan WImax:
·        · Seperti terjadi dengan negara lain di dunia, maka pemerintah Indonesia pun belum menentukan frekuensi WiMAX yang akan digunakan. Kemungkinan besar vendor pertama kali membuat perangkat WiMAX di frekuensi 3,5 GHz. Sedangkan di Indonesia, frekuensi dimaksud juga digunakan untuk komunikasi satelit. Sehingga diperlukan penentuan range frekuensi yang tepat agar menguntungkan baik bagi operator, regulator maupun pengguna.
·        Harga peralatan infrastruktur yang masih sangat mahal
·        Teknologinya masih berkembang terus, sehingga bisa salah investasi.
·        Terlalu banyak jenis perangkat yang tidak saling kompatibel.
·        Dibutuhkan pengalaman untuk memasang perangkatny.
·         Peraturan yang belum siap untuk mengadaptasi teknologi ini karena kalau produsen peranti WiMax sudah membuat satu card PCMCIA atau berbasis USB dengan menggunakan standar WiMax Nomadic, perantinya akan mudah didapat di mana saja.
3.3. Pengertian Blackberry
Blackberry adalah device yang sama dengan handphone lain, bisa menjalankan fungsi dasar untuk telepon dan sms, yang membedakannya hanyalah Operating System pada handphone blackberry merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM (vendor Blackberry).

BlackBerry ada 3 jenis, yaitu BlackBerry Pearl, Curve, dan seri 8800. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing. Update terbaru bahwa sudah ada seri BlackBerry yang mendukung 3 G. Wah, makin hari teknologi makin canggih saja. Sebenernya, BLackBerry ini menyodorkan fitur ber-email ria. Teknologi email dan mesenger menjadi andalan. Sangat cocok bagi anda yang mobile.


Blackberry jika tanpa berlangganan servis Blackberry, tentu hanya handphone biasa yang bahkan bias membuat pusing, karena menunya tidak seenak handphone ber-OS symbian misalnya, namun jika blackberry telah diaktifkan dengan layanan blackberry operator anda, blackberry menjadi killer device untuk ber-internet ria, terutama email.
Koneksi blackberry device juga bisa menggunakan GPRS dan 3G (seri tertentu), namun bedanya dengan device lain adalah, jika pada device lain untuk menarik email ke inbox kita harus dilakukan secara manual (PULL teknology) atau jikapun ada kita harus menginstall 3rd party software sementara dengan blackberry, email muncul secara langsung seperti pengiriman SMS, email di blackberry akan muncul beberapa saat setelah dikirimkan oleh pengirim ke blackberry kita - bahasa kerennya menggunakan teknologi PUSH.


Kelebihan blackberry dalam mengkompres email yang masuk ke inbox kita, perbandingan dengan email biasa adalah 1:100 (skala extrem ya), jadi seumpama ada rekan yang mengirim email ke anda dengan size 1000 Kb (1 Mega) maka email yang anda baca di inbox blackberry anda hanya bersize 10Kb! berarti with blackberry device bandwidth koneksi sangat irit sekali.

Yang kedua, pernahkah anda mencoba menampung email di pdaphone/handphone anda lebih dari 1000 email? biasanya performance device kita pasti melambat dan bahkan paling parah hang sehingga harus di-reset.

Dengan blackberry hal tersebut tidak perlu dilakukan, kelebihan inilah yang menjadi salah satu kekuatan blackberry, email puluhan ribu, bisa ditampung di blackberry anda, sebatas kemampuan memory-nya pasti tidak akan hang.

Email pada blackberry juga bisa hilang satu persatu, mengapa demikian?  Penyebab yang paling mungkin adalah memory internal blackberry yang mengecil, sehingga device blackberry secara otomatis men-delete email/sms yang ada untuk menaikkan besarnya memory internal.
solusi sementara saat ini, selalu lakukan update device blackberry anda dengan versi Operating system (OS) terbaru, semakin terkini kan semakin stabil.
kemudian juga install software untuk memanage memory (auto-free tanpa mendelete email/sms).
Lalu, pastikan email/sms penting di backup atau forward saja ke email penampung arsip anda.
Software blackberry sangat sedikit dan semuanya harus berbayar, yang merupakan kelebihan namun kekurangan blackberry adalah softaware yang kita gunakan pasti harus melalui otorisasi RIM (blackberry kita pasti selalu connect ke server RIM sebagai penyedia layanan blackberry), sehingga software blackberry hampir tidak mungkin dibajak. Jadi untuk  yang akan menggunakan blackberry siapkan dana lebih.Austis dan ‘gila’ sendiri, mengapa? iya, buat beberapa orang email yang datang seperti SMS ini dapat menjadi addicted (ketagihan), bayangkan jika kita tidak dapat mengontrol waktu kapan harus melihat blackberry kita-orang terdekat, pacar, teman, orang tua, anak bahkan bisa terlupakan. Jadi pastikan anda menggunakan blackberry dengan bijak

harga blackberry mulai  dari 2.5 juta hingga 7 juta, untuk lengkapnya silakan cek di website blackberry.com, yang pasti tergantung selera dan dana anda, dengan 2 type utama yang full keyboard atau yang suretype keypad (mirip handphone biasa).

Saat ini, layanan blackberry baru tersedia oleh vendor telko GSM (belum ada yang CDMA di indonesia), yaitu Telkomsel, Indosat dan XL.

untuk telkomsel, mereka menawarkan paket 20Mb/bulan dengan biaya Rp 150.000,00 dengan kelebihan diatas 20Mb akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.

untuk indosat, mereka menawarkan paket 100Mb/bulan dengan biaya Rp 200.000,00 dengan kelebihan diatas 100Mb akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.

untuk XL, mereka menawarkan paket 50Mb/bulan dengan biaya Rp 199.999,00 dengan kelebihan diatas 50Mb (untuk koneksi blackberry sebagai modem) akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.

XL adalah satu-satunya vendor yang menyediakan bandwidth unlimited untuk koneksi internet/email via jalur RIM blackberry, sementara indosat dan telkomsel koneksi internet/email via jalur RIM blakcberry sama dengan besaran paket yang diberikan (20 Mb dan 100Mb)

Kelemahan XL cuma 1, area covered XL belum seluas Indosat dan Telkomsel, jadi buat anda yang mobile ke area luar pulau jawa, mungkin akan lebih baik memilih diluar XL.

Waktu ke Customer service, anda akan ditanyakan apa mau menggunakan layanan BIS atau BES, apa perbedaannya ?

BIS, lebih ditujukan untuk pengguna akhir (end user) personal, jadi hanya perlu KTP, CC dan informasi personal.

BES, lebih ditujukan untuk pengguna corporate, terutama yang ingin email dengan setting server pribadi mereka, atau bahkan memberikan policy terhadap email apa yang bisa dikirimkan dan diterima.

Jadi kalau anda hanya ingin menggunakan blackberry untuk tujuan pribadi, go ahead with BIS, tetapi kalau anda ingin bersama-sama perusahaan anda menggunakan blackberry, dengan pertimbangan kelebihannya, silakan ngobrol dengan sales BESnya.


Kalau mau mendaftarkan service blackberry, apa saja yang harus anda siapkan?
Untuk berlangganan blackberry, anda harus berlangganan service blackberry dan menggunakan kartu PASCA bayar, sehingga, jika anda sudah memiliki nomor PASCA bayar, tinggal menggaktifkan layanan blackberry.

sementara, jika anda belum memiliki nomor PASCA, daftarkan ke vendor yang anda pilih untuk mendaftarkannya.

Jangan lupa membawa blackberry device anda saat mendaftarkan layanan ini, minimal anda mengetahui nomor IMEI dan PIN - PIN semacam nomor unik pada setiap blackberry device yang juga berfungsi sebagai id untuk menggunakan blackberry messenger.



3.4. Kelebihan Blackberry

·        Complete, Integrated Wireless Messaging Solution.(Layanan lengkap yang terintegrasi untuk solusi pesan/ email nirkabel)

·        Wireless Email.(Email Nirkabel) dengan sistem Pushmail (sebuah layanan yang memungkinkan email untuk realtime diterima pada saat email dikirimkan melalui server dan jaringan nirkabel dan diterima pada saat yg singkat pada handheld).

·        Phone/ SMS. ( Telepon dan SMS).

·         Organizer (Calendar, Address Book, Memo pad & Tasks).( Fitur organizer)

·        Proven & Trusted

·        Di gunakan lebih dari 15,000 Perusahaan dan organisasi di seluruh dunia Eg: Citibank

·        Real time, secure wireless link to your Corporate data : "Always On, Always Connected" Handset blackberry di desain untuk selalu terhubung secara terus-menerus pada pada data perusahaan melalui jaringan wireless yang memungkinkan kita bisa menerima email secara realtime di manapun kita berada dalam cakupan GPRS. Dengan Blackberry kita tidak perlu melakukan retrieve email, karena dengan sendirinya email akan memberikan notifikasi pada handset.

·        Supports Microsoft Exchange dan Lotus Domino. (Mendukung sistem microsoft Exchange dan Lotus Domino).

·         Wireless Nationwide Wireless Network (Layanan Nasional untuk Koneksi Jaringan Nirkabel), yang tentunya harus dicakup oleh jaringan gprs.
Maksimum data yang di terima melalui email pada handset BlackBerry adalah 20 kb, jika data yang di kirimkan melalui email lebih dari 20 kb maka data akan di compressed, Email Handset BlackBerry bisa menerima dan membuka attachment dengan format word dan Excell tapi belum bisa menerima/membuka email dengan format JPG/gambar
.

·        Bisa mengirim email dan menerima email sebanyak-banyaknya dengan satu harga.

·        Mengirim email semudah mengirim dan menerima sms, dan tidak perlu ada tambahan biaya.

·        Email sifatnya lebih formal untuk orang yang berbisnis, sehingga surat -menyurat lebih mudah dan terpercaya.

·         Bisa melakukan browsing ringan internet, selama website tidak terlalu berat.

·        Bisa menerima RSS dengan bantuan software Vigo.

·         Dapat melakukan chating dengan berbagai macam media baik YM,Gtalk,Blackberry Messengger.

·        Chatting dengan rekan atau teman yang ada diluar negeri atau dimana pun dengan gratis dan realtime.Dan hasil pembicaran bisa langsung dikirim melalui email jika memang berhubungan dengan bisnis or yang lain2.

·        Untuk pelanggan individu paket nya disebut BIS, harga cukup terjangkau berkisar dari 150-200rb/bln

·        Operator yang telah mendukung Indosat, (Matrix,Mentari),XL (pascabayar),T-Sel (Halo,simpati)

·        Bisa digunakan sebagai GPS.

·        Telah didukung teknologi wifi = sehingga jika kita berpergian keluar negeri bisa menerima email dan mengirim email gratis melalui hot-spot .

·        Kita bisa mengikuti milis yang kita sukai.sesuai hobby, jadi kita bisa bertemu dengan orang yang mempunyai hobby sama dengan kita.

·        Fungsi Telp, dan organizer sama baiknya dengan smartphone sekelas nokia or WM6

·        Dan bila kita sering menerima email dan selama ini kita harus membuka laptop,connect network dulu hanya untuk mengetahui jawaban dari rekan bisnis atau yg lain, hal ini bisa dipermudah karena, begitu server terima langsung di push di unit tersebut dengan delay kurang lebih 20 menit tergantung jaringan.

·        Kemudian jika kita mengirim sms hanya terbatas 160 Karakter kalau email mau 1000 karakter or 5000 karakter bebas dan tidak bayar lagi.

3.5. Kekurangan Blackberry

·        Harga Tinggi
Kalau ini mungkin semua juga sudah tau, kalau yang namanya
Blackberry tuh harganya lumayan tinggi. Misalnya Yang Bold saja Aslinya sekitar 6.3 juta dan yang paling murah saja bisa lebih mahal dari pada nokia xseries dan n series.

Non adabtable
Mungkin istilah gampanganya rentan rusak. Kalau dibandingkan dengan Nokia, sony erricson dan gadget HP lainnya. Perlu diketahui blackberry adalah ponsel paling rentan. karena ponsel ini terkena benturan sedikit saja sudah ngehang. terkena air sedikit sudah rusak. Baterainya harus dicharge hati-hati (sering overcharge) dan anehnya gadget kita yang satu ini  bisa ngehang tanpa sebab yang jelas dan satu hal lagi tahukah anda kalau ponsel semacam Nokia, Sony Ericson dan Motorola itu sebelum dikeluarkan dari pabriknya mereka di tes ketahanan dulu.
Seperti tahan disuhu berapa dan standar jatuh tekanan berapa dia tahan. Kalau Blackberry sepertinya kurang. karena HP kita yang satu ini di dari pabriknya di set buat bisnis bukan buat telekomunikasi portable 



·         
·         Rekondisi
Percaya atau tidak
Blackberry yang hadir di Indonesia, lebih dari setengahnya adalah barang rekondisi. Walaupun  penjual ngotot  barang itu baru. Khususnya 8100, 8310, n 8320 Mengapa? soalnya tiga seri itu tidak keluar lagi dari pabriknya Kalaupun ada yang bukan rekondisi pasti barang itu sudah lama sekali.

·        Spare Part sulit dan mahal
karena Blackberry masuk ke Indonesia aja sudah tidak resmi. Jadi pusat perbaikannya paling dekat adalah Singapura.

·        Blackmarket
hampir semua Blackberry yang ada di Indonesia adlah Black market karena Blackberry ini belum diijinkan oleh dirjenpostel untuk masuk secara besar-besaranan di negeri kita.

·        Garansi non resmi
karena Blackberry yang kita temukan adalah Blackmarket, maka garansi yang kita dapat tentu saja non resmi juga. Alias hanya dari pedagangnya saja. dan itupun hanya sekitar 1 mingguan saja. Nah.. bagaimana kalau Blackberry anda rusak ? tentunya garansi anda sudah kadaluarsa.

·        Minim Fitur
Kalau dibandingkan dengan ponsel-ponsel lainnya, kalau anda perhatikan sebenarya Blackberry ini memiliki fitur yang kurang banyak. Walaupun kita semua tau yang digembar gemborkan selama ini Blackberry bisa Facebook, e-mail, dan internet. Kami yakin kalau masalah ini saja, ponsel-ponsel lainnya juga bias melakukannya. Ponsel-ponsel sekarang seperti Nokia, Sony ericson, dn Motorola pun sekarang suadah bisa memakai fitur-fitur tersebut.
Dengan harga nya yang tinggi kekurangan fitur lainnya itu..
a. Tidak  ada 3G-nya
b. Kamera kurang canggih.. silahkan di cek lagi paling tinggi (yang asli) kameranya hanya       sekitar 2. (dua koma) mega piksel.
            c. kurang support banyak aplikasi..




·        Ketagihan
Mempunyai blackberry seperti mempunyai dunia sendiri, sehingga kita lebih cuek dan tidak memperdulikan lingkungan di sekitar kita.

3.6. Apakah penggunaan Blackberry di Indonesia perlu di hilangkan ?
Penggunaan Blackberry di Indonesia sudah semakin marak, karena sudah banyak yang menggemari ponsel ini. Walaupun penyebarannya di Indonesia secara illegal, masih banyak yang menggunakannya.
Apakah penggunaan Blackberry di Indonesia perlu dihilangkan?
Menurut pendapat kami, penggunaan Blackberry di Indonesia tidak perlu dihilangkan, yang namanya ciptaan manusia pasti juga memiliki keterbatasan. Selain memiliki kekurangan yang telah disebutkan diatas, Blackberry juga memiliki beberapa manfaat. Misalnya untuk pebisnis. Yang harus diatur di Indonesia adalah siapa saja yang boleh menggunakan Blackberry. Pada awalnya Blackberry diciptakan untuk kalangan pebisnis. Tetapi saat ini, banyak remaja yang menggunakan blackberry. Remaja yang menggunakan blackberry bisa lupa diri dengan apa yang sedang dikerjakannya. Jika mereka sedang memegang Blackberry, pasti mereka hanya terpaku pada layar Blackberry saja. Sehingga tidak memperhatikan kondisi di sekitarnya. Istilahnya, Blackberry bias membuat ketagiahan. Namun, penggunaan Blackberry tidak perlu di hilangkan, karena Blackberry bisa bekerja secara maksimal untuk kalangan pebisnis di Indonesia.



BAB V
PENUTUP

5.1.      Simpulan
Ternyata dari tahun ketahun perkembangan teknologi di indonesia semakin marak, saat ini sudah banyak teknologi tanpa kabel yang bermunculan, misalnya WiMax. Tentunya hal ini sangat bermanfaat. Disisi lain, perkembangan teknologi di dunia ponsel juga semakin marak, misalnya Blackberry. Penggunaan blackberry bisa maksimal jika digunakan oleh kalangan pebisnis.     
5.2.       Saran
Jika pembaca ingin mengetahui lebih banyak tentang WiMax dan Blackberry, maka pembaca dianjurkan untuk membaca Makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA




0 komentar:

Poskan Komentar