Jumat, 24 Desember 2010

Manfaat Celak


Ada hadist dalam Sunan Abu Daud, dari Abdurahman bin An Nu’man bin Ma’bad bin Haudzah Al Anshari, dari ayahnya, dari kakeknya ia mengatakan bahwa Rasululah telah memerintahkan untuk mengunakan Itsmid (antimonium) yang dicampur dengan minyak wangi ketika hendak tidur. Beliau bersabda “Hendaknya orang yang berpuasa menjauhinya”.
Dalam Sunan Ibnu Majah dan lainya di sebutkan hadist yang diriwayatkan Ibnu Abbas. Ia mengatakan “Rasulullah mempunyai celak yang di gunakan 3 kali untuk mata kanan, beliau memulainya darinya (mata kanan) dan mengakhiri dengannya juga. Dan untuk mata kiri dua kali”.
Abu Daud telah meriwayatkan dari Rasulullah, beliau bersabda “Barang siapa memakai celak, maka hendaknya dalam hitungan ganjil (witir)”
Apakah bilangan ganjil itu untuk kedua mata tersebut dengan hitungan tiga kali untuk satu dan dua untuk pada yang lainnya, dengan mendahulukan mata kanan dan mengutamakannya, atau hitungan ganjil itu tersebut untuk setiap mata dengan hitungan masing masing tiga kali. Kedua pendapat ini adalah dari Imam Ahmad.
Manfaat Celak bagi mata
Celak bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, memperkuat pandangan orang yang memakainya dan lebih jelas, dan melembutkan materi yang buruk. Beberapa jenis diantaranya dapat dipergunakan untuk memperindah, sangat cocok dipergunakan ketika saat tidur, membuat ketenangan mata setelah tidur akibat gerakan gerakan yang membahayakan, dan membantu kekuatan alamiah dalam tubuh. Itsmid (antimonium) memiliki khasiat tersendiri untuknya.
Dalam Sunan Ibnu Majah di sebutkan hadist marfu’ yang diriwayatkan dari Salim, dari ayahnya, “Hendaknya kalian memakai itsmid (antimonium) karna dapat memperjelas pandangan mata dan menumbuhkan rambut”
Abu Nu’aim menyebutkan dalam Al Hijlah, “Sesungguhnya celak dapat menumbuhkan rambut, menghilangkan kotoran, dan membuat pandangan mata menjadi jernih
Sunan Ibnu Majah juga menyebutkan hadist marfu’ dari Ibnu Abbas, “Celak yang paling baik untuk kalian adalah itsmid(antimonium) yang membuat pandangan mata menjadi jelas dan dapat menumbuhkan rambut”

  Sumber : http://ihsan-wangi.com/index.php?option=com_content&view=article&id=59&Itemid=70

1 komentar:

  1. Thanks artikelnya, sangat bermanfaat :) daripada pakai obat tetes mata yang belum tentu cocok, lebih baik celak yang sudah jelas disunnahkan. Di Jakarta, di mana ya dapat bubuk celak yang kualitasnya baik, yang memang bermanfaat untuk kesehatan mata? kalau ada info, boleh dong dishare.

    BalasHapus