Sabtu, 25 Desember 2010

Nasi Jagung

nasi jagung komplit.
Hmm..nyam-nyam, pagi-pagi sarapan nasi jagung. Sedapnyeee..!
Ada yang tau nasi jagung? itu lo, nasi putih yang dicampur sama jagung yang sudah dihaluskan. Kalo sama nasi empok jelas beda. Nasi jagung ini teksturnya lebih kasar. Kalo nasi empok kan halus tuh.
Aku sendiri nggak tau gimana sejarahnya nasi jagung. Asal daerahnya aja aku juga nggak tau. hehehe.
Yang aku tau rasanya enak ker! Kalo makan nasi jagung kurang lengkap kalau nggak ada lauk-pauknya. Bagaikan sayur tanda garam.(Eh, yaiyalah..masak cuman mau makan nasinya doang!)
Oh iya, kayaknya nih nasi bisa didapatkan dimana aja. Bikin sendiri juga bisa. Kalo anak-anak yang rajin nemenin mamanya ke pasar tuh bisa cari depot nasi jagung. Soalnya yang jualan nasi jagung di pasar banyak. (Sodaraku juga jualan nasi jagung soalnya..hehehe)
Lauk pauk sebagai pelengkap nasi jagung terdiri dari :
  • Pecel lengkap dengan sayur mayurnya
 sayur pecel (bikin ngiler..)
  • Uhm..aku nggak bisa membahasa Indonesiakan nih, kalo ditempatku namanya 'jangan kates' bahasa Indonesianya apa sayur pepaya muda kali ya?hhe. Sejenis itulah. Nih masakan terbuat dari pepaya muda, dicampur tempe atau tahu, biasanya ditambahi kacang panjang. Setelah dicampur jadi satu terus dimasak sama kuah santan. Sedap pokoknya!
 sayur pepaya muda aka jangan kates hehehe..
  •  Dadar jagung, bisa disebut juga dengan bakwan jagung. Nih masakan aslinya Malang tak? Bakwan jagung ini terbuat dari jagung (serba jagung ya!hehehe). Apalagi kalo yang dipakai itu jagung manis, wuiih..manteb dah!
 bakwan jagung

  • Mendol, namanya aneh tapi enak kok. Bahan pembuat mendol tuh tempe. Asli tempe yang dihaluskan.
 tempe mendol

  • Rempeyek, sebenernya ini sejenis kerupuk. Tapi lebih sederhana dan gurih. Bahan pembuatnya adalah kacang, tepung beras dicampur sama bumbu-bumbu rempah lainnya. Biar sedap ditambahi sama daun jeruk. Enak deh..
 rempeyek (lazieez..)

  • Sambel Bajak (yang ngasih nama paling orannya suka mbajak sawah nih..)hehehe. Sambel bajak itu juga salah satu jenis sambel khas Indonesia punya. Biasanya disebut sambel matang. Soalnya setelah diuleg atau diblender, sambel ini langsung digoreng. Pedes-pedes mantab.
 namanya sambel bajak(jangan ditambahin kata sawah lo..)
    • Ikan teri atau ikan asin goreng tepung, ini biasanya digunakan sebagai pelengkap aja. Yah, sejenis rempeyek.

    • Urap-urap, masakan ini yang paling aku gemari. Selain enak, seratnya juga banyak. Soalnya terdiri dari sayur-sayur seperti, daun sawi, bayam, pepaya, singkong, senikir..kecambah. Banyak deh, pokoknya sesuai selera. Tapi biasanya kalau sudah ada pecel, urap-urapnya ditiadakan.

    ini nih yang namanya urap-urap
    • Terancam (namanya serem), masakan ini juga sejenis urap-urap. Bahan utamanya adalah mentimun. Sebagai pelengkap biasanya ditambahkan biji lamtoro, tempe yang dibakar terus diremas-remas, kecambah yang masih kecil (biasanya dipakai pelengkapnya rawon). Nyam..nyam..
     kalo trancam yang ini sih masih enak.hha

      Tunggu apalagi, ayo cepet nyobain nasi jagung. Lidah bergoyang perutpun kenyang!
      Alhamdulillah..

      0 komentar:

      Poskan Komentar